Natal di berbagai negara

Posted: 2 December 2011 in education

1. Great Britain, UK

Puding adalah hidangan wajib bagi warga negara Inggris dalam menyambut natal. Puding natal ini dibuat dari buah kering dan kacang-kacangan. Yang unik adalah pada saat pembuatannya,yaitu pada saat mengaduk adonan mereka sambil memohon sesuatu dan pengadukannya harus searah jarum jam (tidak boleh sebaliknya) karena mereka meyakini hanya dengan cara inilah keinginan mereka akan dikabulkan.

2. Italia

Dalam tradisi natal kita mengenal Santa Claus, seorang lelaki tua yang baik hati membagi2kan hadiah kepada anak2.Kalau di Italia bukan Santa Claus yang membagi2kan hadiah, tetapi seorang wanita tua lebih mirip penyihir lengkap dengan sapunya disebut La Befana. Befana dipercayai sebagai istri Santa Claus tetapi hidupnya bukan di Kutub Utara seperti S. Claus melainkan di kutub Selatan. Karena S. Claus terlalu sibuk, maka Befana membantu membagi2kan hadiah kepada anak2.

3. Ukraina

Di Ukraina, pohon Natal selain di hiasi oleh ornamen khas natal juga dihiasi oleh laba2 & sarang buatan yang tersembunyi di balik pohon. Merupakan keberuntungan bagi siapa saja yg berhasil menemukannya. Cerita rakyat Ukraina mengatakan bahwa dahulu ada seorang janda miskin yang tidak mampu membeli dekorasi pohon Natal keluarganya, pada pagi hari di waktu Natal dia menemukan pohon Natalnya menjadi indah karena dihiasi oleh sarang laba2, dan dia menjadi bahagia.

4.Jepang

Mengirimkan kartu natal berwarna merah adalah etika buruk bagi masyarakat Jepang, karena warna merah digunakan dalam mengirimkan kabar dukacita. Kartu Natal biasanya berwarna putih, warna yang menggambarkan salju dan kejernihan.

Masyarakat jepang juga biasa merayakan natal dengan makan malam di Kentucky Fried Chicken, hal ini begitu populer disana.

5. Caracas, Venezuela

Masyarakat Caracas mempunyai tradisi modern yang unik menyambut Natal. Pagi2 mereka pergi ke misa Nata menggunakan Roller Skate Jalan-jalan di Caracas ditutup, untuk memberi ruang kepada warga yang ingin ke gereja dengan menggunakan roller skate.

6. Norwegia

Pada malam Natal, masyarakat Norwegia akan menyimpan sapu2 mereka di tempat tersembunyi. Hal ini dilakukan karena mereka percaya bahwa saat malam natal para penyihir dan roh jahat keluar mencari sapu untuk dipakai terbang, itulah mengapa mereka menyembunyikan sapu mereka agar penyihir dan roh jahat tidak mencuri sapu mereka.

7. Latvia

Tradisi Natal Latvia yang paling terkenal adalah kebiasaan aneh yang disebut mumming. “Mummers” memakai berbagai macam topeng, spt wajah beruang, kuda, kambing, Gipsi, dan mayat hidup. Mereka keluar dan berkeliling di jalan2 kota.

8. Spanyol

Masyarakat kota La Font de la Figuera di Spanyol memiliki kebiasaan aneh dalam menyambut Natal. Pada saat malam Natal mereka berkumpul dan berpesta dengan hanya menggunakan pakaian dalam berwarna merah. Orang2 dari berbagai usia turut serta dalam tradisi ini.

9. Czech Republic

Pada Malam Natal, wanita single disana mempraktekkan tradisi melempar sepatu, ini dilakukan untuk meramal hubungan asmara mereka di tahun yang akan datang. caranya: berdirilah membelakangi pintu, kemudian lempar sepatu anda ke Arah pundak, jika sepatu mendarat dengan bagian depan sepatu menghadap pintu, maka Anda patut berbahagia karena Anda akan segera menemukan pasangan hidup dan menikah. sebaliknya jika bagian tumit yang menghadap pintu maka Anda tidak akan menikah di tahun yang baru.

10. Austria, Slovenia, Kroatia

Tradisi Krampus berasal dari kata “Krampen” yang artinya Cakar dalam Bahasa Jerman. Krampus kembaran Santa Claus yang jahat, jika Santa tugasnya membagi-bagi hadiah kepada anak yang baik, maka Krampus tugasnya menghukum anak2 yang nakal. Pada tanggal 6 Desembar pria berpakaian kostum menakutkan berkeliling di jalan dengan membawa tongkat untuk memukul. Legenda Krampus berasal dari daerah pegunungan Jerman dan tersebar luas di seluruh Hongaria, Bavaria,Slovenia dan sangat populer di Austria.

11. Jerman

Berdasarkan tradisi, keluarga di Jerman biasa menghias pohon natal dengan buah pickle (sejenis timun) yang terbuat dari bahan gelas. Ornament ini di gantung di dahan pohon yang tersembunyi, yang pertama berhasil menemukannya di hari Natal akan mendapatkan hadiah dan di percaya akan beruntung sepanjang tahun.

12. Katalonia

– Caganer

Masyarakat Katalonia biasa membuat miniatur kota Bethlehem tempat dimana Bayi Yesus dilahirkan, di situ diletakkan patung Maria, Joseph, Bayi Yesus serta sebuah Caganer. Figurine Caganer berbentuk orang yang sedang jongkok posisi BAB (maap) biasanya diletakkan di sudut agak terpisah. Ada bermacam alasan mengapa menempatkan Caganer ini: sebagai tradisi, hanya sebagai humor, tontonan menyenangkan bagi anak2, ada juga yang mengatakan Caganer melambangkan equality antar manusia.

– Caga tió

Salah satu tradisi Natal aneh dapat ditemukan di Catalonia, adalah Caga tió. Caga Tio adalah batang berongga 30 cm atau log tongkat dengan empat kaki kecil dengan wajah tersenyum pada salah satu ujungnya, dengan barretina Katalan merah yang terbuat dari kaus kaki. 2 minggu sebelum Natal, Caga tió “diberi makan” permen atau coklat, dan ditutupi oleh selimut agar tidak kedinginan. Pada pagi Natal anak2 datang membawa stick memukuli Caga tió sambil bernyanyi, untuk membuat Caga tió “buang kotoran”, yang dibuang berupa makanan tadi –> ada2 aja yah. Untuk lebih jelasnya search di Youtube aja gan!!

Comments
  1. Acon Tingting says:

    Cyapa cukha pvi spaNyol camha2 djow denk qtha ^^,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s